Minggu, 13 September 2015

Dasar komputer dan Pemrograman

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pada zaman sekarang ini kita tahu bahwa kemajuan  teknologi semakin berkembang disegla bidang. Pengguanaan teknologi telah merubah pola pikir dan kebiasaan manusia, dalam rangka memenuhi kebutuhan dan membantu pekerjaanya manusia menggunakan kemajuan teknologi, baik dalam bidang transportasi, administrasi, ataupun yang lainnya.
Kita tahu salah satu teknologi yang perkembangannya semakin maju adalah komputer, bahkan pada masa sekarang penggunaan komputer sebagai alat untuk menunjang pekerjaan semakin telah digunakan dalam segala bidang. Pada dasar tidak ada masalah dengan hal tersebut, namun kemudian muncul beberapa pertanyyan tentang bagaimana untuk mengefisisensikan penggunaan komputer tersebut. Karena dalam penggunaannya komputer akan melibatakan bebrapa kegiatan seperti pertukaran data, pengiriman data, percetakan data pencarian data melalui internet dll. Masalah-masalah tersebut memenuculkan beberapa solusi baru diantaranya apenggunaan jaringan komputer  jarinag komputer dapat memepermudah dan mengefisiensikan pengguanaan komputer dalam pencarian data, pertukaraan dan pengiriman data serta memperkecil biaya penggunaan alat karena dapat digunakan bersama-sama. Untuk penerapan agar tercapai hasil yang maksimum manusia butuh suatu perencanaan atau sebuah simulasi penyusunan jaringan komputer, yang mana disini kita menggunakan aplikasi cisco packet tracer.
1.2  TUJUAN
Tujuan utama penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah dasar komputer dan pemrograman. Disamping itu  tujuan lain adalah membantu mahasiswa khususnya mahasiswa teknik elektro untuk mempermudah pembelajara dan penerapan jaringan komputer serta mampu mendorong pemikiran pemikiran yang inovatif dimasa yang akan datang.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1  DEFINISI JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.
Berdasarkan letak geografisnnya jaringan komputer terdiri dari

LAN (Local Area Network)

            Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

MAN (Metropolitan Area Network)

            Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.

WAN (Wide Area Network)

            Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.





2.2 PENGERTIAN CISCO PACKET TRACER
Cisco packet Tracer
            Cisco Packet Tracer adalah program e-learning buatan Cisco yang akan mensimulasi jaringan komputer yang sebelumnya telah di design dan dikonfigurasi oleh pengguna. Simulasi workstation, server, router dan perangkat jaringan lainnya dibuat sangat mirip dengan aslinya. Sehingga kita bisa belajar jaringan komputer melalui simulasi program ini saja, tidak perlu biaya mahal untuk membeli komputer yang banyak untuk melakukan rekayasa yang kita inginkan. Tentu ini sangat menghemat biaya. Selain itu, dengan Cisco Packet Tracer, kita dapat mempelajari seluk beluk jaringan yang standar, tapi sangat mendalam. Bahkan isi PDU pada sebuah paket pada interval waktu tertentu bisa kita lihat dan pelajari, hal yang susah untuk dilakukan dengan menggunakan perangkat jaringan asli sekalipun.

IP Private
IP Private adalah suatu IP address yang digunakan oleh suatu organisasi yang diperuntukkan untuk jaringan lokal (LAN).
Range IP Private adalah sebagai berikut :
Kelas A : 10.0.0.0        –10.255.255.255
Kelas B : 172.16.0.0               –   172.31.255.255
Kelas C : 192.168.0.0             –   192.168.255.255

Broadcast Address
Broadcast Address digunakan untuk mengirim/menerima informasi yang harus diketahui oleh seluruh host yang ada pada satu network
Alamat IP ini diperoleh dengan memembuat seluruh bit host menjadi 1
Subnet Mask
      Kelas A           255.0.0.0         /8
      Kelas B            255.255.0.0     /16
      Kelas C            255.255.255.0 /24
2.3   PENGGUNAAN KABEL JARINGAN KOMPUTER

Sebelum memulai simulasi kita perlu mengetahui fungsi dari jenis-jenis kabel jaringan komputer
Karena masing-masing mempunyai peran dan fungsi yang berbeda. Apabila pemilihan kabel yang salah maka dalam simulasi akan muncul lampu berwarna merah dan simulasi jaringan tidak dapat berlangsung tapi apabila lampu berwarna hijau maka tandanya pemilihan kabel sudah sesuai dengan fungsinya.
Perhatikan gambar berikut

1.      Straight akan digunakan untuk menghubungkan device-device yang berbeda, misal :
a. PC – Hub
b. PC – Switch
c. Router – Hub
d. Router – Switch
2.      Sedangkan Cross digunakan untuk menghubungkan device-device yang sama, misal :
a. Komputer – Komputer
b. Switch – Hub
c. Switch – Switch
d. Router – Router
e. Router – PC
3.      Untuk Router – PC juga bisa digunakan kabel rollover.
4.      Nah, jika kita kesulitan menentukan kita harus menggunakan kabel (b) straight atau (c) crossover, maka gunakanlah bantuan kabel (a), dia akan mengotomatisasi penggunaan kabel yang benar yang sesuai dengan kebutuhan.

2.4   SIMULASI JARINGAN KOMPUTER IP PRIVATE KELAS C
Jaringan komputer IP Private kelas C biasanya di peruntunkan untuk jaringan LAN (Lockal Area Network)
Berikut adalah lanngkah-langkah melakukan simulasi IP private kelas C

1.      Buka aplikasi cisco packet tracer.( Dengan catatan kalian sudah mengetahui semua komponen jaringan komputer). Tamilan awal sebagai berikut
2.      Pilihlah 2 PC dan 1 Hub yang ada di pojok kiri bawah., kemudian pilih kabel sesuai fungsi dan device yang dipilih sampai lampu berwarana hijau, jika merah maka kabel yang anda pilih tidak sesuai dengan device dan PC

3.      Klik kiri pada PC0  kemudian pilih desktop dan pilih IP configuration.


4.      isi IP PC0 192.168.115.1 dan Subnet Mask akan terisi sendiri., Lanjutkan ke PC lainnyadengn membedakaan no address terakhirnya saja exp: IP 192.168.115.2
     

5.      Klik simulation lalu edit filters>hapus semua tanda>klik pada ARP danH.323 .\


6.      Klik gambar amplop kuning dan klik di masing-masing komputer., Atur waktu dan klik auto capture/play. Maka simulasi selesai.
 
untuk mengecek apakah PC0 sudah terhubung dengn PC1, dapat dilakukan dengan cara ,klik PC0 kemudian desktop kemudian pilih commond promptketik ping dan IP



2.5              ANALISIS
Simulasi jaringan komputer yang tealah ditunjukan adalah simulasi IP private dengan kelas C, simulasi private mempunyai ruang lingkup yang sempit, karena biasanya dipergunakan di warnet atau  instansi-instansi kecil. Kelas A, B dan C dibedkan  berdasarkan IP dan  banyak sediknya Host dari ketiga tersebut kelas C paling sedikit. Simulasi diatas jga hanya menggunakan device berupa Hub, simulasi tersebut adalah simulasi paling sederhana Karena masih ada simulasi yang menggunakan switch router dll, tapi sesuai device yang digunakan pengaturan dari device-device yalng lain juga berbeda-beda. Pada dasarnya semua simulasi bertujuan untuk mengurangi pengeluaran biaya agar tidak terlalau banyak memakan dana apabila terjadi kesalahan.












BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Setelah melakukan simulasi jaringan komputer IP private kelas C kita dapat menyimpulkan beberapa hal, pemilihan device yang dipilih akan menentukan kabel mana yang digunakan. Pada dasarnya yang membedakan kelas A, B, dan C adalah jumlah host dan IP dari masing-masing, pembuatan jaringan komputer bertujuan untuk memeperudah pekerjaan yang bersangkutan dengan data komputer seperti barbagi data, kirim-mengirim data, berbagi device untuk mengurangi pengeluaran pembelian device dan lain sebagainya.
3.2 SARAN
Saya meminta maaf apabila ada keslahan kesalahNa dalam simulasi yang saya sususn Karena saya merasa kemampuan dan pengatahuan saya masih sangat kurang untuk menghasilkan suatau hasil yang luar biasa. Disini lah peran anada sebai pembaca yang saya harapkan, untuk memperbaiki kesalaham dan menambah kekurangan saya mohon kerja samanya agar anda mau memberikan kritik dan saran kepada saya, agar kedepannya saya bisa menjadi manusia yang lebih baik.



1 komentar: